Ini Dia! 6 Kuliner Suryakencana yang Wajib Dikunjungi

Kota Bogor adalah kota yang penuh dengan pesona. Banyak sekali jenis wisata yang bisa kita dapetin di kota berjuluk Kota Hujan ini. Salah satu wisata yang banyak diminati adalah Wisata Kulinernya. Bogor selalu punya tempat untuk menikmati makanannya.

Nah, kalau lagi jalan-jalan ke Kota Bogor, jangan lupa buat mampir ke Jalan Suryakencana. Kalian bakalan dimanjain sama berderet gerobak-gerobak yang menjual makanan. Dari pagi, mereka sudah berjualan di sana.

Suryakencana sendiri salah satu pecinan di daerah Bogor. Letaknya tidak jauh dari Tugu Kujang yang melegenda. Tapi Jl. Suryakencana tidak kalah melegendanya. Banyak banget yang udah jualan di sana dari abad yang lalu. Simak ya! :)

1. Cungkring

Pertama-tama kita mulai dari makanan legendaris di Bogor, yap Cungkring!

Kuliner ini sudah berjualan sejak tahun 1975, loh. Kalau mau cari Cungkring ini bisa melipir ke Jl Suryakencana di sebrang BCA atau di dekat perempatan Gg Aut, lokasinya di sebelah kiri. Dulu, Cungkring dijual oleh Pak Jum'at, namun belakangan sudah dijual oleh anak dan cucu dari Pak Jum'at.

Oh iya, Cungkring sendiri adalah singkatan Cungur (kaki sapi) dan Garing (dari kripik tempe) yang dijadikan satu lalu disiram bumbu kacang otentik buatan keluarga Pak Jum'at. Rasanya bener-bener mengguggah selera. Ada manis, gurih, teksturnya juga ada yang kenyal dan ada juga yang garing krispi. Harganya pun gak begitu mahal, 17rb aja seporsinya.

Dulu, Cungkring cuma jualan di pagi hari dari jam 6 sampai jam 10 aja. Tapi sekarang, sudah berjualan sampai sore. Jadi kalian yang ingin menikmati Cungkring bisa datang kapan saja sampai sore.

2. Soto Kuning M Yusuf


Kalau ke Suryakencana, belum afdhal kalau kita enggak melipir ke tukang Soto Kuning. Di sini, gua nyobain Soto Kuning Pak M Yusuf. Naah fyi, di Suryakencana ini ada dua Sokun dengan nama hampir mirip. Pak M Yusuf dengan Pak Yusup. Kalau Pak Yusup berjualan dengan gerobak saja dan berbagai potongan kikil, lidah, dan lainnya diletakkan di gerobak tersebut. Lalu, Pak M Yusuf berjualan dengan konsep warung makan di mana ada meja banyak di dalam ruangan. Sampai sekarang gua masih belum tahu apa bedanya Pak Yusuf dengan Pak Yusup ini.

Gua cobain yang Pak Yusuf nih. Pesen 3 jenis potongan dengan harga 30rb. Ditambah nasi putih 3rb lalu Es Teh Manis 6rb. Untuk sebuah streetfood gua rasa ini agak mahal sih, tapi terbayar dengan rasa yang enak. Cuma ya gitu, karena ramainya tempat kita jadi gak bisa makan dengan santai.

3. Bir Kocok


Selanjutnya, mari kita mabuk pake bir! Eitsss enggak kok bercanda. Bir ini gak bikin mabuk. Malah cuma bikin angeut angeut. Perkenalkan, Bir Kocok asli Bogor! Bahan-bahannya sama sekali tidak bikin diri kamu mabuk, karena semuanya dibuat dengan bahan herbal seperti jahe, kayu manis, gula pasir dan berbagai bahan-bahan alami lainnya.

Kalian akan menemukan banyak sekali akang-akang yang jualan Bir Kocok ini. Usaha keluarga, sih. Pantes aja banyak! Jangan salah, tapi. Ini sudah jualan sejak 1964, loh. Wah bener-bener legendaris ini mah!

Rasanya segar banget! Disajikan dingin-dingin dan diminum saat lagi panas-panasnya. Duhhhh.... Pengen nambah terus nambah terus. Harganya sih, murah banget! 5rb aja udah dapet segelas gede kayak gitu. Jangan lupa mabuk ya pake ini kalau ke Bogor~

4. Lumpia Basah

Selain di Bandung, Lumpia Basah juga banyak dijual di Kota Hujan. Secara bahan hampir sama kayak di Bandung, cuma Lumbas di Bogor lebih becek. "Lumpiana teh dibanjur," kata akang-akan penjual Lumbas yang gua temuin di deket Ngo Hiang Jalan Surya Kencana.

Nikmatin sensasi makan tauge, telur, bengkuang, yang disajikan dengan kulit lumpia tidak digoreng.  Cuma dijual 13rb aja, dan rasanya asli, enak pisan. Salah satu makanan yang wajib dicoba di Bogor.

5. Tauge Goreng



Kalau yang ini mah sebetulnya gak harus ke Suryakencana. Banyak banget yang jual Tauge Goreng di Kota Bogor, tapi karena kebetulan lagi di Suryakencana jadi ya langsung hajar aja. Gua gak tahu apa maksud dari si pencipta Tauge Goreng ini berbohong kepada pelanggannya. Taugenya gak digoreng! Cuma direbus dan diberi bumbu kacang (apa tauco gitu ya?) ditambah lontong dan berbagai tambahan lainnya.

Ini gua beli Tauge Goreng persis di depan Ngo Hiang. Harganya cuma 15rb dapet porsi gede kayak gini. Wajib dicoba!

6. Martabak Encek



Ini dia salah satu legendanya! Martabak Encek. Selama hidup gua, ini adalah salah satu martabak paling enak enak enak yang pernah gua makan. Martabak Encek ini kayaknya kurang kalau gua ceritain di artikel ini. Intinya ini adalah martabak yang dimasak dengan arang sebagai pengapiannya lalu diisi dengan isian macam-macam sesuai pesanan. Gua beli yang Martabak Keju Coklat dengan harga 60rb. Lumayan mahal, tapi bener-bener enak!

Martabak Encek ini akan gua ceritain di artikel lain, khusus Martabak Encek.

***

Jadi gimana? Sudah siap pergi ke Bogor? Kuylah! Ajak-ajak gua ya hehehe

Komentar

  1. Kalau martabak di Bogor, cobain juga martabak air mancur. Favorit gueee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gua juga sering beli Martabak Air Mancur. Cuma dia bukanya sore huft.

      Hapus

Posting Komentar