Olamita, Jo! Restoran Khas Gorontalo di Jakarta

Haloooo Sahabat Kenyang.......

Hari ini berikrar, bahwa akan rajin posting, kalau enggak sibuk, hehehe. Do'ain aja hahaha.

Kalau kamu pengen rasain kuliner khas dari Provinsi Gorontalo, atau kamu memang orang Gorontalo yang sedang merantau ke Jakarta, kangen sama makanan rumah. Kamu wajib sangat, sangat wajib buat cobain restoran khas tanah kelahiran mu ini. Namanya Restaurant Olamita, ada di daerah Kampung Melayu. 

[ Nih lokasinya : Restaurant Olamita ]

Kalau kata ownernya, Olamita adalah bahasa Gorontalo, artinya lezat. Orang Gorontalo biasa menyebut kalimat "lezat sekali" dengan "olamita, jo!". 

Sekedar info, Gorontalo adalah salah satu penghasil ikan yang cukup besar. Jadi enggak akan heran jika banyak makanan yang disajikan adalah berbahan dasar ikan, terutama ikan tuna. Di Restaurant Olamita pun seperti itu. Banyak makanan yang disajikan itu adalah tuna. 

Masuk ke tempat, akan terasa sekali suasana restaurant-restaurant khas kampung. Tapi perlu digaris bawahi, ini gak kampungan. Kita akan serasa berada bukan di Jakarta, padahal kita di Kampung Melayu. Ada sekitar 8 sampai 10 meja dengan bangku yang cukup banyak, makan bareng-bareng jadi enggak ribet deh. Kalau kata ownernya, restaurant ini ramai pada jam makan siang dan jam pulang kantor alias jam makan malam. Jadi siapkan dirimu dan mentalmu jika restaurant penuh pada jam tersebut. 

Masuk ke makanan. Oke karena kita semua disajikan makanan berbahan dasar ikan tuna, jadi kalian akan akan membaca all about tuna. Ya. Silahkan.

Pertama, ada U-Bone Tuna Steak. 
Makanan yang satu ini adalah Tuna Bakar dengan bentuk letter U. Sebetulnya tanpa dikasih tau kalian akan sudah tau dengan hal ini. Jadi ini tuna dengan sushi grade di mana kita akan merasakan tuna yang enak dan lezzzzaaat lagi segar. Agak susah ngejelasin ini bagian tuna yang mana yang diambil. Yang jelas ini adalah bagian sebelum kepala. 

Ikan tuna-nya dibakar dengan kematangan yang pas buanget. Ada beberapa bagian yang gosong, cuma itu yang bikin tambah lezat. Ada dua jenis sambal yang disajikan. Ada sambal yang digoreng dulu, dan ada sambal yang langsung ditaruh di atas ikannya. 

Buat sambalnya, pedas merekah lezatnya. Yang sambal tidak digoreng itu rasanya pedes banget wkwkwk. Mungkin karena enggak kecampur sama minyak kali ya, pure cabai dan bumbunya. Jadi pedes banget. Nah buat sambal yang digoreng ini lebih salty. Karena kecampur dengan minyak jadinya enggak terlalu pedas. Overall ini makanan enak. Sangat enak. 

Next, ada Tuna Ilahe.
Buat penyuka makanan berkuah, ini bisa jadi salah satu solusi buat kalian. Berbahan dasar ikan tuna sebagai bagian utama, dan kuahnya berisi berbagai rempah-rempah yang bikin makanan terasa lezat. Lalu ditaruh dengu-dengu di atasnya sebagai penambah rasa. 

Fyi, dengu-dengu adalah semacam tanaman yang diambil langsung di Gorontalo oleh ownernya. Dengu-dengu sendiri adalah semacam mint, kalau dimakan langsung, rasanya kayak bahan dasar balsem gitu, tapi kalau udah dimasukin ke Ilahe, rasanya jadi super duper nikmat si Ilahe itu. 

Tunanya di sini enggak amis. Sama sekali enggak amis. Nikmat sangat mank! Campuran gurih, seger, dan nikmat bener-bener jadi satu. Tambah sepiring nasi hangat, maka hidupmu akan bahagia selamanya. Sesimple itu emang idup. Cuma butuh makanan ternikmat ini. 

Olamita, jo!

Tuna Wokubalanga
Ini salah satu yang paling enak nih. Rasanya kalau di Padang itu kayak Ikan Asam Pade. Alias rasanya asam dan pedas. Asliiii. Campuran rempah-rempah, belimbing wuluhnya berasa banget. Nyegerin banget. 

Tuna-nya enggak amis sama sekali, dan makan ini dicampur sepiring nasi hangat udah juara banget, sih. 

Mungkin namanya bener-bener asing di teling kita yg bukan orang Sulawesi ataupun orang Gorontalo. Tapi saat kalian mencoba, ini kalian akan serasa dibawa ke Gorontalo.

Campuran antara segar, pedas yang ada di satu mangkuk Wokubalanga ini akan menambah selera makan kalian. Pas nyobain kemarin aja abis semangkuk besar kaya gini.

Recomended dish!


Binte Bilihuta
Yang terakhir kita ada Binte Bilihuta. Alias Sup Jagung ala Gorontalo. 

Binte Bilihuta di sini unik ya. Enggak cuma jagung kasih kuah doang, kalian bakal nemu parutan kelapa dan potongan-potongan ikan tuna yang lezat tak terkira. 

Kalau makan ini, jangan lupa buat taburin garam. Karena masih plong hambar rasanya. Jadi harus taburin garam yang sudah disediakan dari pelayan. 

Karena kebiasaan orang Gorontalo adalah memberikan garam saat masakan sudah matang, jadi wajar kalau Binte-nya hambar. Tapi ini enak loh. Cocok banget buat kalian para veggie yang enggak mau makan protein hewani dengan banyak-banyak. 

Naaah itu dia makanan-makanan khas Gorontalo dari Restaurant Olamita. Kamu semua harus cobain banget banget. Terutama buat kamu para orang Gorontalo!

Cusss...

Olamita Gorontalo
Instagram : Restaurant Olamita
Go Food : Yes
8.7 / 10

Komentar